LAMPUNG TERKINI

BEBERAPA RUMAH DI BAKAR MASA

MESUJI BENTROK LAGI

Redaktur | Kamis, 13 Juni 2013 - 07:12:04 WIB | dibaca: 326 pembaca

LAMPUNGTERKINI.COM~ Sempat tenang, bentrok kawasan Register 45 Sungaibuaya, Kabupaten Mesuji, kembali pecah. Satu unit mobil Daihatsu Colt Diesel, sepeda motor Yamaha Scorpio, dan rumah milik Wayan Ana (40) dibakar massa kemarin.

    Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang melibatkan sesama perambah itu. Namun, dua warga Register 45 Sungaibuaya harus mendapatkan perawatan medis akibat sabetan senjata tajam. Keduanya adalah Nyoman (35) dan Badre (36)

    Pertikaian bermula dari kedatangan ratusan massa menggunakan kendaraan roda dua pada pukul 12.30 WIB ke kediaman Wayan Ana. Mereka bersenjatakan parang dan berbagai jenis senjata tajam lainnya.

    Sebelum membakar seluruh aset milik Wayan Ana, massa yang juga menjarah empat rumah karyawan PT Silva Inhutani Lampung. Hewan ternak  milik karyawan Silva pun dipotong di tempat.

    Painem, pemilik warung makan kecil yang juga tetangga Wayan Ana, mengaku terkejut dengan serangan massa yang membabi buta itu. ’’Saya melihat dengan mata kepala sendiri. Mereka (massa, Red) membakar semua aset Wayan Ana,’’ ujarnya.

    ’’Ketika itu, saya lagi melayani orang makan. Tiba-tiba, massa yang cukup banyak menggunakan sepeda motor langsung membakar rumah dan kendaraan milik Pak Wayan,’’ ungkapnya.

 aksi penyerangan ini merupakan aksi balasan. Sebab, sehari sebelumnya, Senin (10/6), warga Register 45 Sungaibuaya terlibat bentrok dan membakar satu unit sepeda motor Yamaha RX King milik Saipul di Desa Karyajaya II.

    Versi lain yang juga beredar, aksi ini dilatarbelakangi pemerasan yang dilakukan kelompok penyerang. Warga di Register 45 Sungaibuaya kemudian menghakimi pelaku.  Belakangan, tidak terima warganya dihakimi, massa pun menyerang warga Register 45 Sungaibuaya.

    Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0426 Tulangbawang Mayor (Inf.) Hadi Mustofa yang ditemui di lokasi pembakaran belum dapat berkomentar lebih banyak soal aksi massa itu. Dia mengatakan, sudah melaporkan kejadian di dalam Register 45 ini kepada Dandim 0426 Tulangbawang Letkol (Inf.) Yana Susana.

    Sementara Kanit Res Polsek Tanjungraya Ipda Panjaitan saat dihubungi pihaknya tidak tahu-menahu masalah pembakaran yang terjadi di rumah Wayan Ana.

     ’’Ketika aksi terjadi, kita sedang melakukan pengamanan unjuk rasa yang dilakukan oleh warga Talanggunung yang  menuntut empat warga yang ditangkap Polres Tuba dibebaskan. Bila ada pembakaran, kita tidak tahu,’’ elaknya. 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)